Rabu, 21 Oktober 2015

Pengertian Proposal Penelitian







Proposal penelitian adalah rancangan penelitian dari seorang mahasiswa yang akan mengadakan penulisan karya ilmiah berupa skripsi, tesis maupun disertasi. Proposal merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam pembuatan rancangan penelitian dan pengembangan ilmu pade salah satu bidang keilmuan tertentu. Proposal disusun untuk diianjutkan membuat karya ilmiah berupa skripsi, tesis maupun disertasi.


Proposal mempunyai karakteristik atau ciri-ciri khusus dari beberapa penulisan karya ilmiah lain. Adapun karakteristik proposal, yaitu:
(1) Isinya berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam disiplin ilmu tertentu, sesual dengan program studi yang ditempuh oleh mahasiswa yang bersangkutan,
(2)  Merupakan rancangan pengujian empirik terhadap posisi teoritik tertentu dalam disiplin ilmu yang dipelajari,
(3)  Mengungkapkan data primer sebagai data utama yang dapat ditunjang oleh data sekunder, sedangkan untuk proposal penelitian bilbiografi digunakan sumber yang otentik, dan
(4)  Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar kecuali program luar negeri atau jurusan Bahasa Inggris, proposal ditulis dalam Bahasa inggris.

Panduan Menulis Proposal (klik materi dibawah ini untuk dipelajari) :
1-Menulis Bab 1 Proposal skripsi
2-Menulis Bab 2 Proposal skripsi
3-Menulis Bab 3 Proposal skripsi

Kedudukan penulisan proposal sebagai karya ilmiah di perguruan tinggi sangat penting dan merupakan bagian dari tuntutan formal akademik. Dilihat dari tujuan penulisannya yaitu sebagai syarat yang dituntut dari mahasiswa ketika akan menyelesaikan program studi. Melalui penyusun proposal ini, mahasiswa dapat mengungkapkan pikiran secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu kepada hasil kajian pustaka yang bersumber dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, buku teks, atau publikasi internet, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan berbagai macam penelitian dan berbagai kajian. Dalam kaitannya proposal merupakan wahana komunikasi hasil-hasil penelitian ilmiah dan masyarakat akademiknya untuk diuji secara terbuka dan objektif serta mendapatkan koreksi dan kritik dari dosen pembimbing atau promotor. Di pihak lain proposal merupakan wahana untuk menyajikan nilai-nilai praktis maupun nilai-nilai teoritis hasil-hasil pengkajian dan rancangan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa. Dengan sifat dan kedudukan ini, maka proposal dalam lingkungan masyarakat akademik dapat memperkaya khasanah keilmuan dan memperkokoh paradigma keilmuan pada bidang atau disiplin ilmu yang relevan.
Penyusunan proposal di perguruan tinggi itu, tergantung pada ketentuan masing-masing lembaga yang bersangkutan, yang dikenal dengan Pedoman Penulisan Proposal. Tujuannya agar ada kesamaan bahasa antara dosen pembimbing dan mahasiswa berkenaan dengan pengertian, ruang lingkup, karakteristik, dan format proposal yang ditulis secara ilmiah oleh mahasiswa serta berlaku secara umum di lingkungan perguruan tingginya.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar